Back To Top

MENPAN; Status PNS Pusat dan Daerah Akan Disamakan

Selamat Datang Di Web Info PNS Terbaru
Pemerintah Era Jokowi JK lewat Kementerian PAN RB berencana akan menyamakan status antara Pegawai negeri Sipil Daerah (PNSD) dengan PNS Pusat (Instansi Vertikal) Sehingga nantinya tidak ada lagi perbedaan status PNS pusat maupun daerah.

Landasan hukum telah disiapkan lewat Rancangan Peraturan Pemerintah (RPP) tentang manajemen aparatur sipil negara. Sebagai turunan dari undang-undang (UU) Aparatur Sipil Negara (ASN).
Dengan adanya penyamaan status ini nantinya tidak ada lagi sebutan PNS daerah.

Ada beberapa konsekuensi jika hal ini jadi diterapkan.

1. Pertama, dapat membantu standar penilaian secara nasional. Di mana juga akan berpengaruh terhadap penentuan gaji dan tunjangan pegawai serta kenaikan jabatan.

2. PNS tidak menetap disuatu daerah, Bisa saja PNS dari kabupaten yang satu di mutasi ke kabupaten lain. Termasuk mereka yang bekerja di instansi pusat (vertikal) bisa digeser ke instansi milik daerah.

3. Yang ketiga , pemerintah akan menetapkan sertifikasi untuk segala jabatan. Agar jabatan yang diisi oleh orang yang sesuai dengan kemampuannya.

Untuk‎ jabatan-jabatan apa pun di pusat atau daerah itu tidak boleh asal taruh, itu harus orang yang memiliki sertifikasi jabatan. Seperti di daerah misalnya orang guru agama menjadi kepala dinas pendidikan. Yang gitu-gitu itu nggak boleh. Jadi ke depan lembaga-lembaga pemerintah itu harus menyelenggarakan sekolah atau kursus yang memberikan sertifikasi kedinasan," jelasnya.



Jika bermanfaat Silakan share di FB, Tweet maupun GPlus. Berikan saran, pendapat, kritik ataupun pertanyaan di blog ini lewat komentar Facebook atau Google



2 komentar

Sip dah, mntap. Mudah2n tdk hanya harapan belaka. Kami pns daerah yg hanya Staf menjadi korban para raja kecil yg haus kekuasaan. Demi kepentingan mereka kami hanya bisa elus dada.

Setuju...lebih terkontrol.....disama ratakan....jabatan sesuai kemampuan dan jurusannya masing masing...