Back To Top

Mau Bahagia Di Tempat Kerja? Ikuti Tips Ini

Selamat Datang Di Web PNS Lowongan Kerja dan Kesehatan
Some people said that happiness is a choice. If we choose to be happy, we won’t feel miserable even when we face hard time working at the office. 
Kalimat di atas terdengar klise, tapi ada benarnya. Kita bisa ciptakan lingkungan yang menyenangkan dimulai dari diri sendiri, terutama di tempat kerja, karena tidak bisa dipungkiri, untuk orang yang memilih berkarier di kantor, lebih dari setengah waktu yang kita miliki kita habiskan di kantor. Dilansir dari beberapa sumber, setidaknya ada lima hal yang dapat kita lakukan supaya bisa selalu bahagia ditempat kerja.

setidaknya ada lima hal yang dapat kita lakukan supaya bisa selalu bahagia ditempat kerja.
Tips agar senang di tempat kerja

Pertama, be positive, optimist. Selalu berpikir positif menjadi kunci untuk mengawali hari bekerja di kantor. Berpikir positif akan membawa kita untuk berperilaku optimis dan akan membawa kita pada rasa percaya diri dalam bekerja.

Kedua, focus to your strenght. Fokus pada kekuatan atau kelebihan kita, bukan kelemahan yang kita miliki, sehingga kita bisa mengoptimalkan kelebihan kita untuk mencapai hasil kerja yang diinginkan. Kita juga tidak perlu merasa gusar atau terganggu dengan kelebihan orang lain yang akan memunculkan rasa jealous yang tidak ada manfaatnya.

Ketiga, say thank you, be kind. Kita wajib menyadari bahwa setiap orang yang  ada di lingkungan kerja kita mempunyai  andil dalam meringankan beban kerja kita. Mulai dari office boy (OB), cleaning service, rekan kerja, atasan maupun bawahan. Secangkir kopi di pagi hari yang dibuatkan oleh OB atau sekedar senyum sapaan dari rekan kerja bisa membawa mood yang baik dalam bekerja. Ada juga di beberapa tempat yang menggunakan budaya bersalaman atau jabat tangan saat bertemu terutama di pagi hari. Nampaknya sepele, tapi nyatanya ini bisa mempererat silaturrahmi dan menetralkan ketegangan saat bekerja.

Keempat, work life balance. Keseimbangan antara hidup dan pekerjaan memang menjadi major concern bagi para eksekutif terutama yang berada di kota besar seperti Jakarta. Setidaknya ada empat hal yang bisa kita jaga keseimbangannya yaitu keluarga, teman, agama atau kepercayaan yang kita anut, dan pekerjaan sehari-hari. Jangan terlalu larut dalam pekerjaan sampai kita lupa keluarga dan kehidupan sosial atau  persahabatan, dan jangan juga terlalu larut dalam urusan keluarga sehingga pekerjaan kita jadi terabaikan.

Kelima, positive communication, positive teamwork. Komunikasi yang baik adalah modal utama untuk mendapatkan kerja tim (teamwork) yang baik pula, dan biasanya akan diiringi dengan hasil kerja yang memuaskan.

Keenam, receration, terakhir, jika Anda merasa mengalami penurunan produktivitas maka bisa jadi faktor bosan atau jenuh dengan rutinitas adalah penyebabnya. Ungkapan dan pendapat yang wajar namun bukan tidak dapat diatasi, bukan?. Ketahuilah, bahwa cuti sejenak dan berlibur ke tempat yang menyenangkan dapat menyegarkan dan menumbuhkan semangat untuk kembali bekerja.

tips motivasi bagi karyawan agar senang dan bahagia di tempat kerja

Hanya dengan melakukan setidaknya lima hal tersebut, happiness at work bisa dapatkan, tentunya diiringi dengan tindakan-tindakan yang baik dan positif  selama bekerja. Seperti kata pepatah  “you can’t have a good day with a bad attitude, and you can’t have a bad day with a good attitude.”
Media Taspen



Jika bermanfaat Silakan share di FB, Tweet maupun GPlus. Berikan saran, pendapat, kritik ataupun pertanyaan di blog ini lewat komentar Facebook atau Google Info Guru, Kabar CPNS, Tes CPNS, Lowongan Kerja,