Laporkan Penyalahgunaan

Blog berisi kumpulan produk hukum Indonesia.

Taspen Smart Card, Kartu Sakti Bagi Pensiunan PNS

Seiring perkembangan zaman, banyak perusahaan besar yang mulai memanfaatkan teknologi dalam proses bisnisnya. Tak heran, beberapa dari mereka pun melakukan upaya transformasi digital demi menunjang performa perusahaan. Hal itu pun didukung oleh perilaku masyarakat yang mulai mengadopsi teknologi dalam setiap aspek kehidupannya. PT TASPEN (PERSERO) sebagai Badan
Usaha Milik Negara yang ditugaskan oleh Pemerintah untuk menyelenggarakan Program Asuransi Sosial Pegawai Negeri Sipil yang terdiri dari Program Dana Pensiun Pegawai Negeri Sipil (PNS) dan
Tabungan Hari Tua (THT) juga mulai menerapkan transformasi digital dalam proses bisnisnya.


Apa itu Taspen Smart Card?

Smartcard atau Kartu Pintar merupakan peranti berukuran sebesar kartu kredit dan memiliki keping mikroprosesor atau memori yang tertanam di dalamnya, menyimpan data elektronik dan program yang dilindungi oleh langkah-langkah keamanan yang memungkinkan  aksesnya dikendalikan oleh pengguna yang berwenang. Langsung saja pada manfaat hqq-nya. Smartcard itu bagaikan
E-KTP, Kartu ATM Debit dijadiin satu trus dapet tambahan manfaat lainnya.
Sejatinya Taspen Smartcard ini merupakan nilai tambah yang dimiliki oleh Aparatur Sipil
Negara (ASN) yang telah memasuki masa purnabhakti. Smartcard merupakan nilai tambah yang ditawarkan oleh PT TASPEN (PERSERO) sebagai Pengelola Jaminan Sosial bagi ASN dalam mewujudkan Digitalisasi Pelayanan Pembayaran Pensiun.

Cara Mendapatkan Taspen Smartcard

Sebelum mendapatkan smartcard ini, peserta akan direkam terlebih dahulu data diri serta data biometrik-nya seperti sidik jarinya,  wajahnya, bahkan suaranya yang disebut dengan ENROLLMENT. Tapi ingat lho, perekaman hanya dapat dilakukan di Kantor Cabang TASPEN atau Kantor Mitra Bayar. Hasil rekaman inilah yang merupakan data elektronik yang tertanam dalam keeping mikroprosesornya, sekali lagi ditanam bukan di dalam disket, kaset, CD, DVD, flash disk, atau bahkan vinyl.

Setelah data direkam, nantinya peserta akan mendapatkan Smartcard yang berfungsi sebagai Kartu Identitas Pensiun, Kartu ATM dan Debit, bahkan bahagianya lagi ada program Loyalti/Diskon yang sedang disiapkan untukdapat dinikmati oleh peserta pensiun. Diskon bagi peserta pensiun niscaya akan memberikan manfaat yang tiada tara bagi kehidupan keluarga yang paripurna apalagi buat bantu tambah-tambah belanja bulanan atau potongan

Proses pendaftaran / enrollment/perekaman akan dimulai pada bulan April 2018 melalui Kantor Cabang Taspen untuk penerima pensiun baru, dan Mitra Bayar terdekat untuk pensiun eksisting.
Khusus untuk penerima pensiun yang memiliki keterbatasan fisik atau sakit, proses enrollment dapat dilakukan di tempat tinggal penerima pensiun oleh Taspen/ Mitra Bayar. Manajer Utama Divisi Teknologi Informasi, Kristiyanto, menyatakan bahwa proses enrollmentlah yang akan memakan waktu dan usaha yang lebih karena sulit untuk mengumpulkan pensiunan untuk melakukan enrollment. Maka dari itu, sosialisasi mengenai enrollment harus dilakukan jauh-jauh hari agar pada bulan April proses enrollment mulai dapat dilakukan.

taspen smart card apa yang dimaksud taspen kartu pintar


Langkah-langkah Enrolment Proses Pembuatan Smart Card Taspen


Pada proses enrollment akan dilakukan perekaman terhadap data biometrik dari penerima
pensiun dengan menggunakan alat enrollment. Data biometrik tersebut yaitu:
1. Sidik Jari
 Jumlah sidik jari peserta pensiun yang direkam adalah dari seluruh jari, yaitu 10 (sepuluh) sidik jari
2. Wajah
 Perekaman wajah peserta pensiun dilakukan untuk kebutuhan face recognition
3. Suara
 Merekam suara peserta pensiun untuk kebutuhan voice recognition

Proses enrollment dilakukan dengan tiga skenario:
1. Bagi penerima pensiun eksisting (penerima pensiun sebelum dimulainya penggunaan sistem baru - Go Live), enrollment dilakukan oleh Telkom dengan bekerja sama dengan mitra bayar / Penyedia Jasa di kantor mitra bayar yang telah ditunjuk.

2. Bagi penerima pensiun baru, enrollment dilakukan oleh Taspen.
3. Bagi penerima pensiun yang memiliki keterbatasan fisik atau sakit, proses enrollment dapat dilakukan oleh mitra bayar/ Taspen di tempat tinggal penerima pensiun.

Tata cara enrollment:
1. Pensiunan datang ke lokasi yang ditentukan untuk diambil data biometriknya.
2. Pensiunan akan diverifikasi terlebih dahulu untuk memastikan bahwa benar yang datang adalah pensiunan peserta Taspen
3. Pensiunan/ penerima manfaat diambil data biometriknya:
a. Foto wajah tampak depan menggunakan kamera
b. Sidik jari menggunakan scanner khusus sidik jari
c. Pengenalan suara dengan menggunakan mic


Sekian penjelasan mengenai Taspen Smart Card ini. Semoga berfaedah ya. Khususnya bagi Bapak Ibu pembaca yang memiliki orang tua, sanak saudara, atau kenalan ASN yang sudah pensiun, jangan lupa diajak untuk melakukan enrollment alias perekaman. Selain memudahkan TASPEN dalam pendataan, tapi juga memudahkan Orang Tua, Sanak Saudara, atau kenalan  kita yang notabene pensiunan ASN untuk otentikasi dan mendapatkan manfaat lainnya. Ingat Taspen Smartcard berfungsi sebagai Kartu Identitas Pensiun yang berbasis data biometric dan juga berfungsi sebagai Kartu ATM dan Debit. Rekam segera di Kantor Cabang TASPEN atau Mitra Bayar TASPEN terdekat.


Related Posts