Back To Top

Mengurangi Bau Mulut Saat Puasa

Selamat Datang Di Web PNS Lowongan Kerja dan Kesehatan
Bau mulut dapat terjadi kepada siapa saja, terlebih disaat kita berpuasa. Bau mulut alias bau naga ini tentu saja berdampak kepada rasa percaya diri seseorang dalam bergaul. Di saat tidak berpuasa barangkali seseorang tidak mengeluarkan bau nafas yang tidak, namun disaat berpuasa, dimana kita tidak  mengkonsumsi apapun selama kurang lebih 12 jam, maka akan muncul bau nafas tak sedap tersebut. Adapun Bau mulut saat berpuasa disebabkan oleh berbagai faktor, satu diantaranya adalah kurangnya kadar air liur dalam rongga mulut yang dibutuhkan untuk menetralisir asam yang dihasilkan oleh plak. Selain itu tubuh juga mengeluarkan senyawa keton, yang diakibatkan oleh tubuh yang memakai lemak sebagai sumber energi utama. Bau mulut saat puasa disebabkan pula oleh makanan dan minuman yang kita konsumsi saat sahur dan berbuka puasa.

penyebab bau mulut nafas taksedap orang yang berpuasa, cara menghindari mencegah mengurangi bau mulut kita saat berpuasa ramadhan
Mencegah Bau Mulut Saat Puasa

Nah berikut ini kami sajikan 7 tips untuk mencegah atau mengurangi bau mulut saat berpuasa.
drg. Agam Ferry Erwana, Sp.PM akan membeberkan tujuh kiat jitu mengusir bau mulut saat puasa agar ibadah kita tetap lancar dan bermakna.

1. Sikat gigi saat sahur dan sebelum tidur
Jangan lupa sikat gigi dengan baik dan benar dua kali sehari. Maka itu, pastikan kamu menyikat gigi paling tidak selama 2 menit, termasuk menyikat lidah, pipi, dan langit-langit mulut.

2. Pakai obat kumur atau benang gigi
Di bulan puasa, sikat gigi saja tidak cukup. Kamu perlu bantuan obat kumur atau benang gigi untuk mencegah pertumbuhan bakteri dan menghilangkan sisa-sisa makanan yang menempel di mulut.

3. Banyak minum air putih
Minum air putih saat sahur, berbuka puasa, dan sebelum tidur itu wajib hukumnya. Air putih bisa menetralisir kondisi mulut yang asam selama Anda puasa.

4. Kurangi makanan manis
Tenang, bukan berarti Sahabat Syafira tidak boleh makan manis sama sekali, kok. Boleh, tapi dibatasi sedikit saja. Ini karena makanan manis mudah menempel pada mahkota gigi dan bisa jadi makanan bagi bakteri jahat penyebab bau mulut.

5. Hindari makanan yang berbau tajam
Makanan yang aromanya kuat seperti bawang bombai, pete, dan jengkol sebaiknya dihindari kalau kamu tidak mau bau mulut sepanjang hari. Sebaiknya pilih menu sahur atau berbuka yang lebih “ramah” buat mulut kamu.

6. Rutin bersihkan gigi palsu
Kalau Sahabat Syafira pakai gigi palsu, jangan lupa bersihkan dengan rutin sehabis berbuka dan sahur. Gigi palsu yang kurang bersih bisa jadi sarang bakteri dan kuman penyebab bau mulut, lho.

7. Periksa ke dokter gigi
Nah, supaya kamu benar-benar bebas bau mulut selama bulan Ramadan, solusi terbaiknya adalah langsung periksa ke dokter gigi. Dokter gigi akan melihat apakah kamu punya masalah gigi dan mulut tertentu yang bisa menyebabkan bau mulut. Misalnya gigi berlubang atau gigi mati.


Jika bermanfaat Silakan share di FB, Tweet maupun GPlus. Berikan saran, pendapat, kritik ataupun pertanyaan di blog ini lewat komentar Facebook atau Google Info Guru, Kabar CPNS, Tes CPNS, Lowongan Kerja,